Panorama Indah Jembatan Ampera di Sumatera Selatan

Hai Viral – Jembatan Ampera merupakan salah satu jembatan yang bersejarah dan megah di Palembang. Dahulu, jembatan ini bernama Jembatan Soekarno. Namun pada tahun 1966, tersebar luas gerakan anti-Soekarno, yang pada akhirya menyebabkan namanya diganti. Masyarakat Palembang sendiri sangat suka menyebut jembatan ini dengan sebutan “Proyek Musi”.

Jembatan ini, bagian tengahnya dapat diangkat, sehingga kapal yang berukuran besar bisa lewat Sungai Musi. Namun, kini sudah tidak pernah diangkat lagi, alasannya adalah untuk keamanan. Jembatan ini mempunyai bagian yang bisa diangkat dan diturunkan, beratnya 944 ton. Proses pengangkatan tersebut bisa berproses dalam 1 menit dan akan menaik turunkan bagian tersebut setinggi 10 meter.

jembatan ampera

Bagaimana Cara Mengunjungi Jembatan Ampera?

Jembatan ini sudah menjadi ikon Kota Palembang, Sumatera Selatan. Dan tentu saja tidak boleh kita lewatkan! Jika Anda ingin mengunjungi jembatan ini, terlebih dahulu Anda harus berada di Palembang. Ada berbagai maskapai penerbangan yang melayani transportasi ke Palembang. Setelah sampai di Bandara, Anda bisa menggunakan mobil taksi atau sewaan untuk menuju ke Sungai Musi, di mana jembatan ini berada. Jarak yang harus ditempuh untuk menuju ke Sungai Musi adalah 6 Km, dengan durasi perjalanan sekitar 5 – 10 menit.

Apa Yang Bisa Dilakukan di Jembatan Ampera?

Seperti yang disebutkan di atas, Jembatan Ampera merupakan salah satu ikon Kota Palembang. Jadi, jika Anda tidak mengunjungi Jembatan Ampera saat ke Palembang, maka rasanya belum lengkap. Di sana, Anda bisa mengambil beberapa foto dengan latar Jembatan Ampera dan Sungai Musi.

Setelah puas mengambil foto dan bereksplorasi di Jembatan Ampera, Anda bisa melanjutkan perjalanan untuk jalan-jalan ke tempat lain di Palembang.

Akomodasi di Sekitar Jembatan Ampera

Kota Palembang sering dibanggakan sebagai salah satu destinasi wisata yang terkenal. Untuk itu, menemukan akomodasi yang cocok selama di sana akan terasa sangat mudah. Kita bisa menemukan banyak penginapan dengan berbagai jenis, baik itu harga maupun fasilitasnya. Kita bisa mengunjungi Jalan Sudirman, Jalan Kapten A Rival, Jalan Veteran dan Jalan R Katamso.

Selain penginapan yang memadai, selama di Palembang kita bisa dimanjakan dengan berbagai kuliner yang benar-benar melegenda. Hal yang sangat tidak boleh untuk dilewatkan adalah menikmati empek-empek panggang khas Palembang. Satu potongnya dibandrol dengan harga mulai 1500 hingga 22.500 rupiah. Selain itu, mimuman nikmat yang bisa Anda temukan disana adalah es belimbing.

Baca Juga : Wisata Akhir Pekan di Pemandian Air Panas Ciater

Membawa Oleh-oleh

Sebelum pulang, salah satu kebiasaan penting orang yang pergi jauh adalah membawa oleh-oleh. Nah, saat Anda akan pulang, Anda juga harus membawa oleh-oleh sebagai buah tangan untuk orang-orang yang menyambut Anda. Banyak jenis makanan yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Namun selain itu, Anda juga bisa membawa berbagai souvenir khas, seperti songket (kain tenun). Oleh-oleh itu bisa didapat di sebuah pasar yang disebut Pasar 26 Ilir.

 Jembatan Ampera

Tips ke Jembatan Ampera

Jika Anda ingin melihat jembatan secara langsung dan berada di atasnya, sebaiknya Anda tidak menggunakan kendaraan bermotor. Hal ini mungkin akan menyebabkan Anda ditilang oleh polisi, jika Anda berhenti di tengah-tengah jembatan ini.

Jika Anda datang ke Palembang, Anda benar-benar harus datang berkunjung ke Jembatan Ampera. Ini merupakan sebuah ikon yang tidak bisa ditinggalkan, ketika Anda berkunjung ke Palembang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di sana, salah satu yang populer adalah menjadikannya latar dalam dunia fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *