Wisata Bandung, Budaya Saung Angklung Udjo

Hai Viral – Indonesia mempunyai kekayaan seni budaya yang begitu melimpah. Salah satu dari kekayaan seni tersebut adalah angklung yang berasal dari Jawa Barat. Angklung merupakan sebuah alat musik yang dibentuk sedemikan rupa, hingga bisa menimbulkan bunyi-bunyi merdu ketika digoyangkan. Satu angklung mempunyai satu nada, jadi untuk memainkan angklung, harus berkelompok. Permainan angklung ini bisa memainkan berbagai lagu, bisa menjadi melodi maupun menjadi pengiring. Jika alunan angklung dimainkan, maka kita bisa mendengarkan harmoni dari nada-nada yang keluar darinya.

Jika Anda berkunjung ke Bandung, maka Anda tidak lengkap jika tidak datang ke pusat angklung yang terkenal di Kota Kembang itu. Tempat ini bernama Saung Udjo, yang ada di Jalan Padasuka 118, Bandung. Di sini, Anda akan dimanjakan dengan tarian tradisional yang diiringi dengan alunan harmoni angklung. Saung Angklung Udjo didirikan oleh orang yang sesuai namanya, yakni Alm. Udjo Ngalagena, yang lebih akrab disapa Mang Udjo.

Sejarah Angklung Udjo

Mang Udjo dikenal sebagai seorang pembuat alat musik angklung dari tahun 1966 silam. Tidak salah, jika Mang Udjo dikenal sebagai legenda Angklung. Atas kiprahnya, ia mengenalkan kesenian angklung, hingga kini melegenda ke seluruh penjuru dunia. Kini, tercatat ada 44 negera yang telah memperkenalkan angklung di negara mereka. Bahkan, Korea Selatan menjadikan angklung sebagai salah satu mata pelajaran yang ada dari SD.

Kini, Saung Udjo telah menjadi sebuah ikon warisan budaya yang dapat menjadi wakil kesenian angklung di dunia. Saung Udjo sendiri berada di atas lahan 1,2 hektar yang cukup sebagai pusat kesenian angklung dunia.

Bagaimana Cara Mengunjungi Saung Angklung Udjo?

Untuk datang ke Saung Angklung Udjo, tentu saja Anda harus datang terlebih dahulu ke Bandung. Jika perjalanan Anda dari kota-kota yang dekat dari Bandung, Anda bisa menggunakan transportasi berupa bus maupun angkutan berupa mobil pribadi. Jika perjalanan Anda dari Jakarta, maka akan lebih cepat jika menggunakan jalur tol. Perjalanan dari Jakarta hanya membutuhkan waktu 3 jam saja.

Jika perjalanan Anda dimulai dari luar daerah yang cukup jauh, Anda bisa menggunakan transportasi kereta api maupun menggunakan pesawat terbang. Anda akan terbang dari kota-kota besar menuju ke Bandara Husein Sastra Negara Bandung. Setelah itu, perjalanan di kota bisa menggunakan taksi ataupun angkot, menuju ke Jalan Padasuka 118, Bandung.

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan di Saung Angklung Udjo?

Tujuan utama mengunjungi Saung Angklung Udjo adalah untuk belajar tentang budaya seni sunda, khususnya angklung. Di sana, kita bisa menonton pertunjukan yang biasanya diselenggarakan secara rutin setiap sore hari. Untuk masuk ke Saung Angklung Udjo, Anda hanya perlu merogoh kocek 60 ribu, dan untuk turis asing 100 ribu. Ketika Anda membayar untuk tiket tersebut, Anda juga akan memperoleh minuman gratis, souvenir dan brosur. Souvenir yang diberikan merupakan kalung yang mempunyai bandul berbentuk angklung.

Baca Juga : Mengenal Candi Cangkuang Peninggalan Sejarah di Garut

Berkeliling dan melihat berbagaihal yang menggambarkan tatar sunda. Di bagian belakang panggung, terdapat berbagai macam angklung yang disimpan di sebuah gudang khusus. Pentas kesenian angklung akan menampilkan anak-anak yang sebelumnya didandani, sehingga terlihat seperti pemuda-pemudi sunda. Proses ini dapat Anda lihat sebelum pertunjukan berlangsung.

Mengunjungi Wisata Lainnya di Bandung

Bandung terkenal sebagai salah satu kota yang menjadi destinasi wisata yang menyimpan sejuta pesona. Bandung juga mempunyai julukan sebagai Paris Van Java, karena dikenal sebagai kota mode yang ada di Pulau Jawa. Anda bisa berkeliling Bandung dan menemukan berbagai tempat belanja mode-mode terbaru, dengan harga yang murah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *