Suka Dengan Adat dan Budaya, Wajib Ke Desa Tutuk Siadong di Pulau Samosir

Desa Tutuk Siadong di Pulau Samosir , HAIVIRAL – Sebuah desa yang sangat kental dengan adat dan budaya memang selalu menjadi destinasi wisata yang menarik. Kali ini, kita akan membahas tentang Desa Tuktuk Siadong yang berada di Pulau Samosir. Kita semua pasti pernah mendengar bahwa di Danau Toba terdapat sebuah pulau di tengah-tengahnya. Pulau tersebut merupakan Pulau Samosir, tempat dimana Desa Tuktuk Siadong berada. Daya pukau desa yang berada di pesisir danau ini benar-benar membuat setiap orang yang datang merasa tersihir akan pesona indahnya.

Desa wisata ini cukup terkenal di mancanegara, dan mengundang banyak turis asing berkunjung ke sini. Bahkan salah satu buku backpacker yang berjudul Lonely Planet, menuliskan secara rinci dan lengkap tentang informasi Desa Tuktuk Siadong ini.

Bagaimana Cara Mengunjungi Desa Tuktuk Siadong?

Desa Tuktuk Siadong ini berada di Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara. Jika Anda berasal dari tempat yang jauh, untuk mengunjungi desa wisata ini, Anda harus datang terlebih dahulu ke Medan. Dari Medan, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan roda 4 melalui Prapat. Perjalanan tersebut akan memakan waktu sekitar 4 – 5 jam. Alternatif lainnya untuk melakukan perjalanan ke Desa Tuktuk Siadong adalah dengan menggunakan kereta api dari Medan ke Pematang Siantar. Perjalanan dari Pematang Siantar harus dilanjutkan dengan menggunakan bus, durasinya sekitar 1 jam.

Dari Prapat, kita akan melakukan penyeberangan dengan menggunakan perahu yang bisa memuat hingga 100 orang. Penyeberangan dengan perahu ini akan membawa kita langsung merapat di Dermaga yang ada di Tutuk Siadong.

Baca Juga : Seputar Wisata Bandung, Wajib Mengenal Budaya Saung Angklung Udjo

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan di Tutuk Siadong?

Di Desa Tutuk Siadong, tentu saja kita bisa berkeliling untuk melihat keunikan-keunikan desa yang begitu terkenal ini. Jika Anda berniat hanya berputar-putar dekat saja, maka Anda sebaiknya menggunakan sepeda. Namun, Anda juga bisa berkeliling untuk jalan-jalan secara lebih luas di Pulau Samosir, maka Anda dapat menyewa sepeda motor.

Setelah puas berkeliling, nikmatilah panorama alam yang sangat menakjubkan di Danau Toba. Kita dapat menjajal canoe, sepeda air atau menikmati jet ski di pinggir danau ini. Kegiatan ini sangat cocok dilakukan untuk menikmati indahnya pemandangan yang membentang seluas mata memandang.

Bagi Anda yang suka melakukan pejelajahan, di sekitaran Tutuk Siadong Anda bisa melakukan trekking ke bukit-bukit. Dari bukit inilah, kita dapat melihat panorama Danau Toba dengan begitu sempurna. Saking besarnya danau ini, kita melihat danau tersebut seperti tidak ada ujungnya.

Akomodasi di Tutuk Siadong

Desa Tutuk Siadong merupakan salah satu titik terindah untuk menikmati “surga” Danau Toba. Tidak heran, banyak sekali wisatawan yang datang mengunjungi Desa Tutuk Siadong. Di Tutuk Siadong, kita bisa menemukan berbagai jenis penginapan, terutama hotel-hotel besar sebagai tempat bermalam.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan di pinggir danau pada malam hari, maka Anda bisa memilih hotel berbintang. Selain itu, jika Anda seorang backpacker, Anda mungkin ingin menginap di homestay. Beberapa homestay berada di pinggir danau juga.

Untuk memperkental suasana budaya di desa tersebut, beberapa penginapan akan mengadakan hiburan. Hiburan tesebut berupa nyanyian, tari-tarian, musik batak dan pertunjukan si gale-gale

Kuliner batak juga akan menjadi santapan kuliner yang tidak akan pernah Anda lupakan selama di sana. Ada hidangan ayam padar, arsik, panggang dan saksang yang bisa Anda nikmati. Di kawasan ini, mayoritas penduduk bergama Khatolik. Namun, untuk mencari warung muslim tidaklah sulit. Jadi, Anda tetap dapat makan sesuai yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *