Simak Berikut Cara Mencari Peluang Bisnis Dimasa Pandemi

Bisnis dipandemi

Rahasia Mencari Peluang Bisnis Saat Pandemi, HAIVIRAL – Harus diakui, pandemi virus Corona telah menyebabkan dunia usaha dan dunia usaha merosot secara global yang secara tidak langsung membuat kita harus lebih pandai dan jeli untuk mencari cara mencari peluang bisnis yang menguntungkan selama pandemi Covid-19. Namun, sebagai pelaku bisnis, Anda harus tetap optimis menghadapi pandemi virus corona ini dengan berbagai terobosan inovatif. Jika bisnis yang Anda geluti sedang lemah, maka Anda harus mencari peluang bisnis lain yang bisa menguntungkan. Tentunya bisnis yang menguntungkan adalah bisnis yang mampu memberikan solusi atas kebutuhan konsumen.

bisnis dipandemi 1

Bagaimana cara mencari peluang bisnis yang menguntungkan di tengah pandemi Corona? Simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Melihat Perilaku Komunitas

Orang akan memilih sesuatu yang menguntungkan dan memberikan manfaat lebih bagi kehidupannya, seperti bisnis pesan antar makanan. Misalnya, Anda dapat memperhatikan bagaimana orang mencari barang yang mereka butuhkan dalam situasi isolasi diri. Yups, penjualan online menjadi solusi bisnis yang menguntungkan di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini. Anda hanya perlu mencari produk atau layanan apa yang dicari komunitas. Seperti produk imunitas, bumbu dapur, masker dan cairan pembersih tubuh dan lingkungan.

  1. Menjalankan Komunikasi dan Pengamatan Perilaku Pelanggan

Pengusaha harus memahami apa yang dibutuhkan pelanggan saat ini dan mengaitkannya dengan layanan dan produksi. Misalnya, beberapa penyedia menawarkan kuota gratis untuk akses pembelajaran bagi siswa di rumah. Selain itu, terdapat transportasi online yang memberikan diskon besar bagi pelanggan yang menggunakan jasa pesan antar makanan.

  1. Mencari Segala Sesuatu yang Berupa Touch Point

Pelaku bisnis harus mencari hal-hal yang bersentuhan langsung dengan konsumen. Misalnya memberikan diskon kepada konsumen terkait wabah Covid-19. Anda harus bisa merebut hati konsumen agar tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan oleh Anda, ini seperti menawarkan empati kepada konsumen. Seperti halnya jika Anda bergerak di bidang jasa pengiriman, Anda dapat memberikan pengiriman gratis dalam jumlah tertentu, misalnya. Atau kemasan produk yang lebih higienis dan sebagainya.

  1. Berhati-hati dalam mengurangi kerugian

Jika Anda berada dalam bisnis kecil, Anda harus dapat menemukan cara untuk mengurangi risiko terjadinya transaksi. Misalnya jika Anda menjual sayur mayur, maka Anda hanya akan membeli saham yang sudah dipesan oleh pelanggan sebelumnya. Hal ini dapat mengurangi resiko barang tidak dibeli oleh pelanggan.

  1. Model Bisnis Inovatif

Model bisnis ini masih baru dan beradaptasi dengan situasi. Contohnya seperti bisnis dimana karyawan Anda masih bisa bekerja di rumah. Bekerja sama dengan sejumlah pemasok atau mitra yang dapat memenuhi permintaan konsumen tanpa perlu bertatap muka. Untuk memudahkan pekerjaan jarak jauh, Anda dapat menggunakan software ERP (Entreprise Resource Planning) yang berfungsi untuk membuat sektor kerja di bisnis Anda terintegrasi secara real time. Bagaimana dengan menerapkan perangkat lunak sistem ERP, Anda dapat menghubungi 10 perusahaan penyedia layanan ERP teratas di Asia.

  1. Menghitung Potensi Keuntungan

Jika Anda termasuk orang yang baru memulai bisnis di tengah wabah Covid-19, Anda harus bisa memprediksi keuntungan yang akan didapat. Hitung dengan cermat modal yang Anda miliki bisa bertahan berapa lama serta peluang untung yang akan didapat.

  1. Pertimbangkan Skala Bisnis

Trik lain bagi Anda yang sedang memulai usaha bisnis adalah memulai dengan skala yang sesuai dengan modal yang Anda miliki. Hilangkan semua biaya yang tidak perlu dan amankan arus kas segera. Uang tunai bagi seorang pebisnis sangat penting dan berdampak pada kelancaran bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *