Beginilah Rahasia Bisnis Waralaba Agar Bisa Bertahan di Kala Krisis Pandemi

Bisnis Waralaba

Rahasia Bisnis Waralaba Bisa Bertahan di Kala Krisis Pandemi, HAIVIRAL – Bisnis Franchise sering dipilih oleh para pelaku usaha pemula, karena memiliki banyak keunggulan. Diantaranya, manajemen bisnis yang dibangun matang, memiliki pasar yang tidak berubah, memiliki brand dengan reputasi yang baik atau sudah dikenal masyarakat sehingga manajemen dan strategi bisnis yang dijalankan dapat berkelanjutan dengan baik. manajemen keuangan yang terorganisir. Meski begitu, di tengah pandemi virus corona COVID-19, dunia usaha juga harus menghadapi situasi yang sulit. Tidak sedikit pelaku usaha yang turun, tapi bukan berarti harus turun juga. Padahal, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk membuat solusi dan terobosan.

Bisnis Waralaba

Berikut cara agar bisnis franchise Anda bisa bertahan di tengah wabah korona COVID-19, diantaranya adalah :

  1. Antisipasi Saldo dan Dana Operasional

Periksa saldo dan dana operasional. Mulai saat ini hingga dua bulan ke depan, pemerintah akan menetapkan status wabah Covid-19 hingga saat ini. Anda bisa menghitung jumlah total biaya operasional rutin, baik tetap maupun berubah, misalnya pada bulan Mei Anda akan mengeluarkan dana untuk THR karyawan. Anda dapat menghitung deskripsi pendapatan dari franchise, biaya royalti, dan bahan baku. Hitung dengan cermat dan amati penurunan omzet yang terjadi dari jaringan outlet milik mitra dan milik sendiri. Carilah potensi penghasilan yang bisa didapat, seperti dari penjualan online.

  1. Upaya Pemasaran dan Pelanggan

Anda dapat melakukan metode “sales in crysis”. Artinya meningkatkan penjualan dalam batas waktu tertentu meski penghasilannya belum tentu banyak. Anda dapat menarik pelanggan dengan program pemasaran yang bersimpati pada wabah Covid-19 seperti melakukan penjualan secara delivery. Layanan pengiriman produk yang tidak hanya cepat, tetapi juga pengemasan yang aman.

Lengkapi stopkontak dengan perangkat pembersih yang nyaman. Cek suhu, siapkan hand sanitizer di beberapa titik atau wastafel dengan sabun tangan dan tisu. Membuat SOP untuk seluruh jaringan bisnis franchise Anda dalam melayani pelanggan khusus untuk pandemi virus corona ini, seperti menerapkan social dan physical distancing saat melayani pelanggan dan mewajibkan pelayan memakai masker, menjaga kebersihan dan lain sebagainya.

  1. Mendidik SDM

Mendidik karyawan dalam pelayanan selama Coronavirus ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan empati. Mengingat setiap individu berpotensi menjadi pembawa virus corona Covid-19. Jika tidak memungkinkan untuk melayani secara tatap muka, Anda dapat melamar Kerja Dari Rumah (WFH) atau bekerja di rumah. Sebelum mengimplementasikan WFH, Anda harus menyiapkan perangkat teknologi pendukung.

Salah satunya adalah software ERP (Entreprise Resources Planning) berbasis cloud yang akan membantu memudahkan karyawan Anda untuk berkoordinasi dari jarak jauh. Software ERP memberikan keuntungan bagi Anda untuk memantau sekaligus mengambil keputusan dari data yang selalu terupdate secara real time. Untuk mengetahui bagaimana software ERP bekerja dengan baik, Anda dapat menghubungi salah satu dari 10 vendor software ERP teratas dari Korea Selatan di Asia. Setelah itu, Anda bisa mengimplementasikan regular meeting dengan teknologi remote meeting yang kini banyak digunakan, seperti google hangout, zoom, dan lain sebagainya.

  1. Lakukan Pengeluaran yang Bijaksana

Anda harus memantau dan mengelola pengeluaran yang keluar dalam bisnis waralaba Anda. Prioritaskan hanya yang penting dan mendesak. Biaya sekunder dapat ditunda jika memungkinkan. Karena pengeluaran yang tidak perlu selama wabah seperti ini hanya akan menambah kerugian.

  1. Mengontrol Bahan Baku

Hal lain yang harus Anda perhatikan ketika menjalankan bisnis franchise di tengah pandemi adalah tetap mengatur masuknya bahan baku. Kestabilan bahan baku merupakan salah Saat krisis terjadi secara otomatis seluruh harga material juga ikut naik. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencari pemasok alternatif selain pemasok utama Anda sehingga ketika Anda mengalami kelangkaan bahan baku setidaknya Anda memiliki stok dari pemasok yang Anda percaya.

Itulah beberapa cara agar bisnis franchise Anda tetap berjalan di tengah wabah Covid-19. Lakukan cara yang menurut Anda paling efektif, namun tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan karyawan dan pelanggan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *